Himafi Untirta Sukses Gelar Pengkaderan dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pendidikan Fisika 2023

Penulis: Kominfo Himafi Untirta

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika sukses menyelenggarakan Pengkaderan dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Pendidikan Fisika atau biasa disingkat dengan “PARALAKS” yang merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika dan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya. Acara ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam dari tanggal 29 September – 1 Oktober 2023 di Bumi Kali Talang, Kota serang – Banten.

Kegiatan PARALAKS merupakan salah satu sarana yang efektif dalam membentuk mahasiswa berkarakter, menciptakan mahasiswa yang berintegritas dengan mampu berpikir secara kritis dan memiliki mental yang stabil serta kemampuan agar dapat di implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “Optimalisasi Karakter Kepemimpinan, Guna Terciptanya Mahasiswa Pendidikan Fisika yang Berintelektual, Kritis dan Komunikatif”.

Pada hari pertama, yakni Jum’at, 29 September 2023, setelah melakukan pembukaan acara di kampus FKIP Untirta, para peserta menuju ke tempat Bumi Kalitalang untuk melaksanakan kegiatan pengkaderan dan latihan kepemimpinan. Setelah peserta diberi waktu untuk merapikan barang bawaan dan mempersiapkan diri untuk diberikan pemaparan 2 materi yaitu materi pertama seputar manajemen organisasi & kepemimpinan dengan pemateri dari Ketua Umum Himafi 2021 yaitu Muhamad Zayin El-Hak dan materi kedua mengenai public speaking yang disampaikan oleh Beti Julianti, S.Pd.

Pembukaan

Manajemen organisasi dan kepemimpinan

Public speaking

Pada hari selanjutnya, yakni 30 September 2023 diisi dengan acara senam pagi kemudian dilanjut dengan pemaparan 3 materi yang juga diselingi ice breaking dengan games seru lainnya. Materi pertama mengenai analisis SWOT yang disampaikan oleh Riza Rinaldi, S.Pd., dan dilanjut pada siang hari dengan materi kedua seputar Teknik Persidangan oleh Diana Putri Awalia yang dimana setelah materi disampaikan, perwakilan peserta diminta untuk mengimplementasikan teknik persidangan guna melatih para peserta yang nanti akan melakukan persidangan untuk pemilihan ketua angkatan. Selanjutnya materi yang terakhir membahas seputar Manajemen Aksi dan Propaganda oleh Mochamad Wildan Al’ayubi, S.Pd., pada materi ini para peserta diminta langsung turun ke lapangan untuk mengimplementasikan dari materi manajemen aksi dan propaganda.

Senam pagi

Ice breaking

Analisis swot

Implementasi teknik persidangan

Teknik persidangan

Selanjutnya pada malam hari diisi dengan beberapa acara seperti api unggun yang diselingi penampilan pentas seni kelompok para peserta dan perwakilan tiap angkatan serta panitia pun turut andil dalam memeriahkan malam puncak. Setelahnya dimafaatkan momen ini dengan sharing bersama dosen, alumni, tamu undangan tiap angkatan dan juga demisoner yang datang pada malam puncak.

Pertunjukan kelompok

Pertunjukan kelompok

Perwakilan alumni

Sambutan pembina HIMAFI

Hari terakhir, Minggu 1 Oktober 2023, dilaksanakan pos to pos guna menguji pengetahuan dan pemahaman para peserta setelah mengikuti kegiatan pengkaderan dan latihan kepemimpinan dan setelah itu dilanjut dengan tukar kado antara peserta sekaligus penutupan acara.

Pengujian pemahaman

Scroll to Top