Sukses Gemilang! Seminar Nasional Pendidikan Fisika Memperkuat Inovasi dan Kolaborasi dalam Dunia Pendidikan

Penulis: Kominfo Himafi Untirta

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Untirta periode 2023 pada Senin (14/8) berkolaborasi dengan Jurusan Pendidikan Fisika Untirta sukses menyelenggarakan Acara Seminar Nasional Pendidikan Fisika (SENDIKFI) dalam rangkaian Semarak Ilmiah Pendidikan Fisika (SIPF) 2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live on YouTube Himafi Untirta dengan tema “Transformasi Penelitian Pendidikan Fisika dan Fisika menjadi Inovasi Pembelajaran dalam Konteks Merdeka Belajar”.


Acara ini sukses diikuti oleh ratusan peserta dan menghadirkan 4 pemateri yang sangat luar biasa antara lain, Dr. Muhammad Hizbul W, M.Sc. (Universitas Sebelas Maret), Dr. Rudi Haryadi, M.Pfis. (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), Yuant Tiandho, M.Si. (Universitas Bangka Belitung), dan Supriyadi, S.Pd., M.Pd. (Universitas Musama Merauke). Pada acara ini terdapat beberapa rangkaian acara yaitu; acara inti yakni Seminar Nasional yang di bagi menjadi 2 sesi dan Seminar Paralel. Pada acara inti Seminar Nasional, ke-empat pemateri memaparkan topik yang sangat menarik antara lain, Eksplorasi Zat Warna Alami dari Sumber yang Berkelanjutan untuk Pembelajaran Sains yang Inovatif, Integrasi Penelitian dan Pendidikan Guna Membentuk SDM Unggul dalam Semangat Merdeka Belajar, Pengembangan Bahan Ajar Fisika, Menulis Karya Ilmiah, dan Etnosains dalam Pembelajaran Fisika.

Seminar inti

Selanjutnya dalam rangkaian kegiatan ini, terdapat Seminar Paralel dimana setiap pemakalah menyajikan presentasi tentang penelitian mereka agar dapat dijadikan Seminar Nasional yang akan dipublikasikan dalam berbagai referensi publikasi. Benefit dari kegiatan Seminar ini adalah Selected paper akan dipublikasikan di Proceeding Internasional terindeks Scopus (AIP Conference Proceeding).

Seminar paralel

Tujuan dari kegiatan SENDIKFI kali ini adalah untuk menyediakan platform bagi para akademisi, peneliti, guru, dan praktisi pendidikan fisika untuk berbagi pengetahuan terbaru, hasil penelitian, dan pengalaman dalam bidang pendidikan fisika. Melalui seminar ini, diharapkan dapat terjadi pertukaran gagasan dan diskusi mendalam mengenai strategi pengajaran, inovasi kurikulum, serta tantangan dalam mendidik ilmu fisika. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk mendorong kolaborasi antara berbagai institusi pendidikan dan industri dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di semua tingkatan pendidikan. Dengan menghadirkan pembicara yang ahli dan berpengalaman, seminar ini diharapkan akan memberikan wawasan baru dan solusi konkrit untuk memajukan bidang pendidikan fisika di Indonesia.

 

Scroll to Top